Thursday 8 September 2016

RPP FISIKA SMA KELAS XI SEMESTER 1 PERMENDIKBUD 103 KUR.13

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Wednesday 7 September 2016

Contoh Kode etik guru sebagai bagian buku kerja

Kode Etik bagi Peserta Didik

  1. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
  2. Menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;
  3. Mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
  4. Memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
  5. Mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama;
  6. Mencintai Lingkungan, bangsa, dan negara;

Permendikbud Tahun 2016 Nomor 024 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013

SALINAN






PERATURAN  MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

KI dan KD Matematika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 16

16.KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA   SMA/MA/SMK/MAK

KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Tuesday 6 September 2016

Perangkat mengajar Prakarya SMP kelas 7 dan 8 kurikulum 2013


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Satuan Pendidikan : SMP Negeri ………………..
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas : VII

Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Pengertian dan ketentuan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dilengkapi contoh

Sasaran Kerja Pegawai (PNS) yang selanjutnya disingkat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur oleh Pemerintah Indonesia.

Disamping itu, Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) ini bertujuan Selaku petunjuk bagi tiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pejabat Penilai dalam menyusun Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil yang sesuai dengan bidang tugas jabatannya.

Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilaksanakan oleh Pejabat Penilai satu kali dalam 1 tahun yang dilakukan tiap akhir Bulan desember pada tahun yang bersangkutan ataupun bisa juga paling lama akhir Bulan januari di tahun selanjutnya. Selain itu, Penilaian prestasi kerja PNS terdiri atas unsur Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) dengan bobot nilai 60% dan juga Perilaku kerja dengan bobot nilai 40% persen.

KI dan KD Fisika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 8

8. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR FISIKA SMA/MA
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

KI dan KD Ekonomi SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 12

12. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR EKONOMI SMA/MA
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.

KI dan KD Pendidikan Agama Islam PAI SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 40

40. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
      DAN BUDI PEKERTI SMA/MA/SMK/MAK

KELAS: X
Kompetensi    Sikap    Spiritual,    Kompetensi    Sikap    Sosial,    Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

Monday 5 September 2016

Perangkat mengajar SMP / MTs KTSP Contoh

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Materi pelatihan Implementasi kurikulum 2013 Bahasa Indonesia,Sejarah, Prakarya,Sosiologi,Ekonomi SBK dan PJOK SMA

FOKUS MODUL

Modul ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:

Unit 1: Analisis Dokumen : SKL, KI-KD, Silabus, dan Pedoman Mata pelajaran

Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajarandan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.

Unit 2: Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran

Sunday 4 September 2016

Modul guru pembelajar SMP mapel Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris

D. Ruang Lingkup

Modul ini memuat tiga kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
  1. Kegiatan Pembelajaran-1 (KP-1): Analisis muatan kompetensi dasar dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP
  2. Kegiatan Pembelajaran-2 (KP-2): Pengembangan IPK dalam pembelajaran Matematika SMP
  3. Kegiatan Pembelajaran-3 (KP-3): Pemilihan dan penataan materi/bahanpembelajaran Matematika SMP

Saturday 3 September 2016

Contoh soal Ujian Nasional / UN SMP

Berikut adalah contoh soal untuk Ujian Nasional SMP yg merupakan hasil scanner, tidak berformat Docx.

Meskipun demikian contoh soal ini dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat Soal latihan oleh Bapak ibu guru untuk mempersiapkan siswanya mengikuti ujian nasional ataupun ujian semester atau kebutuhan lainnya.




Friday 2 September 2016

Soal UKK / UAS SMP dan SMA contoh

Berikut contoh soal ujian kenaikan kelas (UKK) dan UAS SMA dapat di download dengan mudah untuk persiapan maupun sebagai tambahan referensi Bank soal bagi bapak dan ibu guru.

Ada beberapa soal yang masih dalam format PDF tetapi dapat di konversi menjadi file DOC dengan program konverter yang banyak kita temui di internet, gunakan google untuk mempermudah bapak ibu guru mencarinya.

Silabus RPP PJOK SD KTSP, Berkarakter, dan kurikulum 2013

1.1 Mempraktikkan kombinasiberbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana,
serta aturan dan kerja sama

1.1.1 Melakukan gerakan jalan di tempat
1.1.2 Melakukan jalan dengan permainan mengajak teman
1.1.3.Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4.Melakukanjalan di atas balok datar
1.1.5 Melakukan lari estafet
1.1.6 Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran

Thursday 1 September 2016

Pengetahuan dasar guru pembelajar 2016


1.     

  Istilah *Guru Pembelajar (GP)* : adalah sebutan utk kita sbg guru yg kemudian disebut sbg peserta. Mengapa kita disebut sbg Guru Pembelajar? Karena pd prinsipnya pengembangan keprofesian harus berawal dr guru sendiri bukan dr luar guru/dinas.

Modul guru pembelajar IN Mapel Bahasa Inggris SMA SMK kelompok kompetensi A,B,C,D,E,F,G,H,I,J


1.2 Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai seorang pendidik tentunya tidak hanya bertugas mengajar di kelas saja,akan tetapi mendidik, dan juga melatih. Hal ini sangatlah tepat apabila dikaitkan dengan pembentukan karakter yang baik bagi para peserta didik. Seperti apa seorang pendidik mendidik, bagaimana mengajar, dan bagaimana melatih para peserta didik.

Semua tantangan diatas berawal dari pendidik itu sendiri, bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, misalnya dengan memunculkan kesan pertama pendidik yang positif saat kegiatan belajar di kelas. Pendidiksangatperlumemahamiperkembanganpesertadidik.

Modul guru pembelajar IN mapel Sosiologi, Geografi dan PKn SMA 2016 kelompok kompetensi A,B,C,D,E,F,G,H,I,J

9. Sosiologi Sebagai Metode


Dalam perkembangannya sosiologi bukanlah semata-mata sebagai ilmu murni (pure science) yang hanya mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak demi peningkatan kualitas ilmu itu sendiri.

Akan tetapi sosiologi bisa juga menjadi ilmu terapan (applied science) yang menyajikan cara-cara untuk mempergunakan pengetahuan ilmiahnya guna memecahkan masalah praktis atau masalah sosial yang perlu ditanggulangi (Horton dan Hunt, 1987 : 41).