KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Thursday 8 September 2016
Wednesday 7 September 2016
Contoh Kode etik guru sebagai bagian buku kerja
- Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
- Menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;
- Mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
- Memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
- Mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama;
- Mencintai Lingkungan, bangsa, dan negara;
KI dan KD Matematika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 16
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Label:
KD-KI,
Kurikulum 2013,
kurtilas,
Matematika,
Permendikbud,
SMA
Tuesday 6 September 2016
Perangkat mengajar Prakarya SMP kelas 7 dan 8 kurikulum 2013
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Satuan Pendidikan : SMP Negeri ………………..
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Label:
kelas 7,
kelas 8,
Kurikulum 2013,
kurtilas,
Prakarya,
Program semester,
Program tahunan,
RPP,
Silabus,
SMP
Pengertian dan ketentuan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dilengkapi contoh
Sasaran Kerja Pegawai (PNS) yang selanjutnya disingkat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur oleh Pemerintah Indonesia.
Disamping itu, Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) ini bertujuan Selaku petunjuk bagi tiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pejabat Penilai dalam menyusun Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil yang sesuai dengan bidang tugas jabatannya.
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilaksanakan oleh Pejabat Penilai satu kali dalam 1 tahun yang dilakukan tiap akhir Bulan desember pada tahun yang bersangkutan ataupun bisa juga paling lama akhir Bulan januari di tahun selanjutnya. Selain itu, Penilaian prestasi kerja PNS terdiri atas unsur Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) dengan bobot nilai 60% dan juga Perilaku kerja dengan bobot nilai 40% persen.
Disamping itu, Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) ini bertujuan Selaku petunjuk bagi tiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pejabat Penilai dalam menyusun Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil yang sesuai dengan bidang tugas jabatannya.
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilaksanakan oleh Pejabat Penilai satu kali dalam 1 tahun yang dilakukan tiap akhir Bulan desember pada tahun yang bersangkutan ataupun bisa juga paling lama akhir Bulan januari di tahun selanjutnya. Selain itu, Penilaian prestasi kerja PNS terdiri atas unsur Sasaran Kerja Pegawai (SKP PNS) dengan bobot nilai 60% dan juga Perilaku kerja dengan bobot nilai 40% persen.
KI dan KD Fisika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 8
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Label:
Fisika,
KD-KI,
Kurikulum 2013,
Permendikbud,
SMA
KI dan KD Ekonomi SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 12
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Label:
Ekonomi,
KD-KI,
Kurikulum 2013,
Permendikbud,
SMA
KI dan KD Pendidikan Agama Islam PAI SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 40
KELAS: X
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap
Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan
Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
Monday 5 September 2016
Perangkat mengajar SMP / MTs KTSP Contoh
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Label:
Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris,
IPA,
IPS,
KTSP,
Matematika,
mengajar,
PAI,
Perangkat,
PJOK,
PKn,
PPKn,
SBK,
Seni Budaya,
SMP,
TIK
Materi pelatihan Implementasi kurikulum 2013 Bahasa Indonesia,Sejarah, Prakarya,Sosiologi,Ekonomi SBK dan PJOK SMA
FOKUS MODUL
Modul ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
Unit 1: Analisis Dokumen : SKL, KI-KD, Silabus, dan Pedoman Mata pelajaran
Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajarandan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.
Unit 2: Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran
Modul ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
Unit 1: Analisis Dokumen : SKL, KI-KD, Silabus, dan Pedoman Mata pelajaran
Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajarandan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.
Unit 2: Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran
Sunday 4 September 2016
Modul guru pembelajar SMP mapel Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris
D. Ruang Lingkup
Modul ini memuat tiga kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
Modul ini memuat tiga kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
- Kegiatan Pembelajaran-1 (KP-1): Analisis muatan kompetensi dasar dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP
- Kegiatan Pembelajaran-2 (KP-2): Pengembangan IPK dalam pembelajaran Matematika SMP
- Kegiatan Pembelajaran-3 (KP-3): Pemilihan dan penataan materi/bahanpembelajaran Matematika SMP
Label:
Bahasa Inggris,
Guru,
IN,
instruktur nasional,
IPA,
IPS,
Matematika,
modul,
pembelajar,
SMP
Saturday 3 September 2016
Contoh soal Ujian Nasional / UN SMP
Berikut adalah contoh soal untuk Ujian Nasional SMP yg merupakan hasil scanner, tidak berformat Docx.
Meskipun demikian contoh soal ini dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat Soal latihan oleh Bapak ibu guru untuk mempersiapkan siswanya mengikuti ujian nasional ataupun ujian semester atau kebutuhan lainnya.
Meskipun demikian contoh soal ini dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat Soal latihan oleh Bapak ibu guru untuk mempersiapkan siswanya mengikuti ujian nasional ataupun ujian semester atau kebutuhan lainnya.
Friday 2 September 2016
Soal UKK / UAS SMP dan SMA contoh
Berikut contoh soal ujian kenaikan kelas (UKK) dan UAS SMA dapat di download dengan mudah untuk persiapan maupun sebagai tambahan referensi Bank soal bagi bapak dan ibu guru.
Ada beberapa soal yang masih dalam format PDF tetapi dapat di konversi menjadi file DOC dengan program konverter yang banyak kita temui di internet, gunakan google untuk mempermudah bapak ibu guru mencarinya.
Ada beberapa soal yang masih dalam format PDF tetapi dapat di konversi menjadi file DOC dengan program konverter yang banyak kita temui di internet, gunakan google untuk mempermudah bapak ibu guru mencarinya.
Silabus RPP PJOK SD KTSP, Berkarakter, dan kurikulum 2013
serta aturan dan kerja sama
1.1.1 Melakukan gerakan jalan di tempat
1.1.2 Melakukan jalan dengan permainan mengajak teman
1.1.3.Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4.Melakukanjalan di atas balok datar
1.1.5 Melakukan lari estafet
1.1.6 Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran
Label:
Berkarakter,
KTSP,
Kurikulum 2013,
kurtilas,
mengajar,
Perangkat,
RPP,
SD,
Silabus
Thursday 1 September 2016
Pengetahuan dasar guru pembelajar 2016
Modul guru pembelajar IN Mapel Bahasa Inggris SMA SMK kelompok kompetensi A,B,C,D,E,F,G,H,I,J
1.2 Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai seorang pendidik tentunya tidak hanya bertugas mengajar di kelas saja,akan tetapi mendidik, dan juga melatih. Hal ini sangatlah tepat apabila dikaitkan dengan pembentukan karakter yang baik bagi para peserta didik. Seperti apa seorang pendidik mendidik, bagaimana mengajar, dan bagaimana melatih para peserta didik.
Semua tantangan diatas berawal dari pendidik itu sendiri, bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, misalnya dengan memunculkan kesan pertama pendidik yang positif saat kegiatan belajar di kelas. Pendidiksangatperlumemahamiperkembanganpesertadidik.
Label:
Bahasa Inggris,
Guru,
IN,
instruktur nasional,
kelompok kompetensi,
modul,
pembelajar,
SMA,
SMK
Modul guru pembelajar IN mapel Sosiologi, Geografi dan PKn SMA 2016 kelompok kompetensi A,B,C,D,E,F,G,H,I,J
9. Sosiologi Sebagai Metode
Dalam perkembangannya sosiologi bukanlah semata-mata sebagai ilmu murni (pure science) yang hanya mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak demi peningkatan kualitas ilmu itu sendiri.
Akan tetapi sosiologi bisa juga menjadi ilmu terapan (applied science) yang menyajikan cara-cara untuk mempergunakan pengetahuan ilmiahnya guna memecahkan masalah praktis atau masalah sosial yang perlu ditanggulangi (Horton dan Hunt, 1987 : 41).
Dalam perkembangannya sosiologi bukanlah semata-mata sebagai ilmu murni (pure science) yang hanya mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak demi peningkatan kualitas ilmu itu sendiri.
Akan tetapi sosiologi bisa juga menjadi ilmu terapan (applied science) yang menyajikan cara-cara untuk mempergunakan pengetahuan ilmiahnya guna memecahkan masalah praktis atau masalah sosial yang perlu ditanggulangi (Horton dan Hunt, 1987 : 41).
Label:
Geografi,
Guru,
kelompok kompetensi,
modul,
pembelajar,
PKn,
SMA,
Sosiologi
Subscribe to:
Posts (Atom)