Wednesday 7 September 2016

KI dan KD Matematika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 16

16.KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA   SMA/MA/SMK/MAK

KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. 
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini. 
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.3     Menyusun sistem persamaan linear
tiga variabel dari masalah kontekstual
4.3     Menyelesaikan    masalah
kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga
variable
3.4     Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua
variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-
kuadrat)
4.4     Menyajikan dan  menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
sistem pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
3.5     Menjelaskan dan menentukan
fungsi (terutama fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional) secara
formal yang meliputi notasi, daerah asal,
daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta
sketsa grafiknya
4.5     Menganalisa karakteristik masing -
masing grafik (titik potong dengan
sumbu, titik puncak, asimtot) dan
perubahan grafik fungsinya akibat
transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
3.6     Menjelaskan operasi komposisi
pada fungsi dan operasi invers pada
fungsi invers  serta sifat-sifatnya serta
menentukan eksistensinya
4.6     Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi
komposisi dan operasi invers suatu
fungsi
3.7     Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dan cotangen) pada segitiga siku-siku
4.7     Menyelesaikan               masalah
kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri (sinus, cosinus,
tangen,     cosecan,     secan,     dan
cotangen) pada segitiga siku-siku
3.8     Menggeneralisasi rasio trigonometri
untuk sudut-sudut di berbagai kuadran
dan sudut-sudut berelasi
4.8     Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan rasio
trigonometri sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
3.9     Menjelaskan  aturan  sinus  dan
cosinus
4.9     Menyelesaikan    masalah    yang
berkaitan dengan aturan sinus dan
cosinus
3.10   Menjelaskan fungsi trigonometri
dengan    menggunakan    lingkaran
satuan
4.10   Menganalisa   perubahan   grafik
fungsi         trigonometri         akibat
perubahan  pada  konstanta  pada
fungsi y = a sin b(x + c) + d.





KELAS: XI

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR


3.3     Menjelaskan       matriks       dan
kesamaan         matriks        dengan
menggunakan                    masalah
kontekstual         dan     melakukan
operasi pada matriks yang meliputi
penjumlahan,             pengurangan,
perkalian   skalar,   dan   perkalian,
serta transpose
4.3Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan matriks dan
operasinya
3.4Menganalisis sifat-sifat  determinan
dan invers matriks berordo 2×2 dan
3×3
4.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan dan
invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
3.5 Menganalisis dan membandingkan
transformasi dan komposisi
transformasi dengan menggunakan
matriks
4.5Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
transformasi geometri (translasi,
refleksi, dilatasi dan rotasi)
3.6Menggeneralisasi pola bilangan dan
jumlah  pada barisan Aritmetika dan
Geometri
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika
atau geometri untuk menyajikan
dan menyelesaikan masalah
kontekstual (termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga
majemuk, dan anuitas)
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional)
secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta
menentukan eksistensinya
4.7 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan limit fungsi aljabar
3.8    Menjelaskan sifat-sifat turunan
fungsi aljabar  dan menentukan
turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi atau sifat-
sifat turunan fungsi
4.8    Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan turunan fungsi
aljabar
3.9   Menganalisis  keberkaitanan
turunan pertama fungsi dengan
nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi,
serta kemiringan garis singgung
kurva
4.9     Menggunakan turunan pertama
fungsi untuk menentukan titik
maksimum, titik minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva,
persamaan garis singgung, dan
garis normal kurva berkaitan
dengan masalah kontekstual
3.10  Mendeskripsikan    integral    tak
tentu    (anti    turunan)    fungsi
aljabar  dan  menganalisis  sifat-
sifatnya   berdasarkan   sifat-sifat
turunan fungsi
4.10   Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan integral tak tentu
(anti turunan) fungsi aljabar



No comments:

Post a Comment