Berdasarkan skema
tersebut, alur/bagian-bagian dar RKAS adalah sebagai berikut:
- Melakukan analisis lingkungan operasional Sekolah
- Melakukan analisis pendidikan Sekolah saat ini
- Melakukan analisis pendidikan Sekolah satu tahun ke depan (yang diharapkan)
- Menentukan kesenjangan antara situasi Sekolah saat ini dan yang diharapkan satu tahun kedepan
- Merumuskan tujuan Sekolah selama satu tahun ke depan (disebut juga dengan sasaran atau tujuan situasional satu tahun)
- Mengidentifikasi fungsi-fungsi atau urusan-urusan Sekolah untuk dikaji tingkat kesiapannya
- Melakukan analisis SWOT
- Merumuskan dan mengidentifikasi Alternatif Langkah-langkah Pemecahan Persoalan
- Menyusun Rencana Program
- Menentukan tonggak-tonggak kunci keberhasilan/output apa dan kapan dicapai (milestone)
- Menyusun rencana biaya (besar dana, alokasi, sumber dana)
- Menyusun rencana pelaksanaan program
- Menyusun rencana pemantauan dan evaluasi
- Membuat jadwal pelaksanaan program
- Menentukan penanggungjawab program/kegiatan
Penjelasan atas bagian-bagian tersebut adalah
sebagai berikut:
1. Melakukan analisis
lingkungan operasional Sekolah
Bagian ini pada
prinsipnya sama dengan analisis lingkungan strategis pada Renstra atau RKS. Perbedaannya adalah
untuk analisis ini lebih menitik beratkan kepada lingkungan Sekolah saja yang
cakupannya lebih sempit dan berpengaruh langsung kepada operasional Sekolah.
Proses-proses ini
termasuk menganalisis kebutuhan masyarakat/daerah setempat, potensi daerah, potensi Sekolah, potensi
masyarakat sekitar, potensi geografis sekitar Sekolah, potensi ekonomi masyarakat
sekitar Sekolah, dan potensi lainnya. Termasuk di dalamnya juga tentang regulasi atau kebijakan
daerah dan peta perpolitikan daerah setempat.
Hasil kajian ini(baik yang
bersifat kuantitas maupun kualitas) dapat dipergunakan untuk membantu melakukan
analisis pendidikan yang ada di Sekolah saat sekarang dan perencanaan satu
tahun ke depan.