Saturday 27 September 2014

Perangkat Bahasa Inggris SMK Forward Kurikulum 2013

Contoh : 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X/Semester 1
Materi Pokok                          : Greetings, Introducing Yourself, Daily Activities
Sub Materi Pokok                   : Verb “To Be” dan Simple Present Tense
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 Menit (3 Pertemuan)        
                                                                                               
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
        komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator :
1)  Bersyukur dapat  berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. 

2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal   dengan guru dan teman.
Indikator :
1)      Menggunakan tata krama sopan santundan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)      Memiliki rasa pedulidan ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)     Menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.

Sunday 21 September 2014

Buku pegangan guru SD kelas 2 dengan tema Hidup Rukun

Tentang Buku Panduan Guru

Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II
Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran
tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Buku Pegangan guru SD kelas 1 dengan tema diriku

Tentang Buku Panduan Guru

Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 1
Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran. 
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Friday 19 September 2014

Analisis Kualitatif hasil belajar peserta didik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013-2014. Pada tahun pelajaran ini untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kurikulum 2013 dilaksanakan di 1270 sekolah pada kelas X untuk semua mata pelajaran. Pelaksanaan kurikulum seharusnya dilengkapi dengan buku acuan semua mata pelajaran baik buku untuk peserta didik maupun buku guru. Namun pada tahun 2013 pemerintah baru dapat menyediakan buku bagi peserta didik dan buku guru untuk 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sejarah Indonesia. 
Sehubungan dengan hal tersebut, sambil menunggu terbitnya buku bagi peserta didik dan buku guru untuk mata pelajaran lainnya, Direktorat Pembinaan SMA sesuai dengan tugas dan fungsinya, menyusun suplemen pembelajaran untuk 19 mata pelajaran (selain 3 mata pelajaran tersebut di atas) dan 5 model pengembangan.

Tematik SD ( Sekolah Dasar) Powerpoint Download

KONSEP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

  • Model pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) pertama kali dikembangkan pada awal tahun 1970-an
  • PTP diyakini sebagai salah satu model pengajaran yang efektif (highly effective teaching model),
  • Pembelajaran Tematik Terpadu mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik
  • secara empirik berhasil memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik (enhance learning and increase long-term memory capabilities of learners) untuk waktu yang panjang

Thursday 11 September 2014

Perangkat IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013

Contoh RPP IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BESARAN DAN PENGUKURAN

Satuan Pendidikan      : SMP/MTs
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : VII / 1
Sub Materi Pokok       : Besaran dan Pengukuran   
Alokasi Waktu            : 20 x 40 menit

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
 Indikator:
1) mengagumi  besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan Tuhan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:   
1) memiliki rasa ingin tahu
2) menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
       Indikator:
1) menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain
2) memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif

Wednesday 3 September 2014

Perangkat Kimia SMK Kelas X Teknologi dan Rekayasa Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Pelaksanaan pembelajaran kimia selama dua semester atau satu tahun dirinci menjadi 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai berikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor                           : 1
Kelas / Semester            : X / 1
Materi Pembelajaran     : Kimia dalam Kehidupan
Alokasi Waktu              : 4 X 45 menit
Jumlah Pertemuan         : 2 kali

A.    Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami peran kimia dalam kehidupan.
4.1. Mengevaluasi berbagai peran kimia dalam kehidupan.

B.     Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1   Menyebutkan produk-produk kimia dalam kehidupan.
3.1.2   Mengidentifikasi ruang lingkup kimia berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
3.1.3   Mengklasifikasi materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran

4.1.1. Menganalisis hakikat ilmu kimia beserta manfaatnya bagi manusia dan lingkungannya.
4.1.2. Mengaitkan peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain
4.1.3. Menyusun tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia.
4.1.4. Merancang penelitian sederhana tentang permasalahan yang berkaitan dengan ilmu kimia di kehidupan sehari- hari.